Tips Kurangi Porsi Makan Untuk Turunkan Berat Badan

Tips Kurangi Porsi Makan Untuk Turunkan Berat Badan [ www.BlogApaAja.com ]

Makan dengan porsi besar berkontribusimenaikkan berat badan dan membuat kegemukan. Apalagi jika makanan yang disantapmerupakan makanan olahan, junk food dan yang berkalori tinggi. Normalnya,wanita dewasa membutuhkan 2.000 kalori per hari agar bisa beraktivitas denganbaik.

Tapi karena pola makan yang tak terkontrolbisa membuat Anda mengasup dua kali lebih banyak kalori. Jika terbiasa makandengan porsi besar, maka mulailah menguranginya sedikit demi sedikit. Ini tipsmemulainya, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. PerhatikanUkuran Piring



Piring berukuran besar akan menggugah Andauntuk mengambil makanan lebih banyak, karena memberi ilusi seakan makanan yangada di piring belum penuh. Saat mengambil makanan, gunakan piring yang lebihkecil sehingga Anda tidak akan kalap karena tempat yang tersedia sudah penuhdan makanan bisa tumpah.

2. PerbanyakSayur dan Buah



Cukup ambil nasi, puree kentang ataukarbohidrat lainnya sebesar kepalan tangan Anda. Kemudian isi setengah piringdengan buah dan sayuran. Untuk lauk sebagai protein, ambil sepotong dagingkecil atau dada ayam, bisa juga tofu dan ikan tapi batasi seperempat piringsaja. Dengan begitu, Anda akan lebih banyak mengasup sayur dan buah yang kayaserta, vitamin, mineral, serta rendah kalori.

3. Kurangi Kaloridari Minuman



Kalori dalam bentuk minuman lebih sulitdikontrol ketimbang kalori di dalam makanan. Saat minum caffe latte denganwhipped cream, misalnya, Anda akan meneguknya sampai habis tanpa sadar adaratusan kalori yang telah masuk dalam tubuh. Ketika makan di restoran, pesanlahair mineral, teh atau jus segar tanpa gula.

4. Beli Camilandalam Kemasan Kecil



Jangan membeli keripik kentang, cookies ataubiskuit dalam kemasan besar. Saat mengambil makanan dari kemasan besar, Andaakan terus memakannya sampai isinya habis. Belilah camilan dalam kemasan keciluntuk mencegah Anda makan secara berlebihan. Atau tuang sebagian isi camilandari bungkus besarnya ke dalam toples-toples kecil. Selain hemat uang, Andajuga mengurangi penumpukan sampah plastik.

5. Pesan MinumanUkuran Kecil



Restoran cepat saji biasanya menyediakanberbagai ukuran gelas minuman, mulai dari small, medium dan large. Pesanlahukuran gelas yang paling kecil, jangan tergoda dengan penawaran sekian persenlebih murah jika memesan gelas besar.

6. HindariMakanan yang Buat Anda "Ketagihan"



Jika Anda tahu tidak akan bisa berhentimengunyah keripik kentang rasa barbeque atau pop corn kecuali sudah habis, makajangan pernah coba memulainya. Pilihlah camilan yang bisa Anda kontrol sendirikapan harus berhenti memakannya.

7. Jangan TerlenaLabel pada Kemasan



Banyak makanan kemasan yang diberi labelorganik, tanpa lemak atau tanpa pemanis buatan. Tapi bukan berarti Anda bisamemakannya sebanyak yang dimau. Tetap perhatikan bahan-bahan dan informasinilai gizi rata-rata pada kemasannya. Jika dilabeli organik tapi tertulismengandung gula, tepung atau penguat rasa, maka batasi atau hindarikonsumsinya.

8. HindariRestoran All-You-Can-Eat



Resto berkonsep buffet atau all you can eatmungkin lebih hemat karena begitu banyak pilihan makanan/minuman yang bisadisantap sepuasnya. Tapi itu akan memicu Anda untuk makan lebih banyak darikebutuhan kalori harian. Makan di restoran ala carte atau regular akan lebihaman bagi berat badan Anda.

9. BerbagiMakanan



Anda boleh saja memesan makanan berukuranjumbo, tapi ingat untuk membaginya dengan teman-teman yang datang bersama Anda.Begitu juga dengan dessert, pesanlah satu porsi untuk dimakan berdua ataubertiga. Dengan begitu, Anda bisa mencegah hasrat untuk makan berlebihan.



Sumber / Source

Follow On Twitter
CLOSE | OPEN
 
Artikel Up2Det || Kerja Keras Ngeblog || Artikel CP || Nge-Update || Capek Blogging || Blogging OH Blogging || Situs OKE || Info Up2Det..