5 Negara Dengan Penduduk Paling Jarang

Ingatkah Anda ketika masih duduk di bangku SMA, ada mata pelajaran geografi. Salah satu mata pelajaran yang mempelajari bumi kita ini terdapat pembahasan mengenai kepadatan penduduk. Suatu negara pasti tidak terlepas dengan adanya orang - orang yang menempati wilayah tersebut. Nah, orang - orang yang menempati wilayah tersebut dikenal dengan istilah penduduk dalam ilmu geografi. Dan banyaknya penduduk dalam suatu areal wilayah disebut dengan kepadatan penduduk.

Tahukah Anda seberapa padat Indonesia, negara kita tercinta ini? Ternyata, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki tingkat kepadatanlumayan tinggi di dunia. Indonesia sendiri menunjukkan angka sebesar 126 jiwa / km2. Sedangkan wilayah terpadat di dunia adalah Makau dengan populasi sebanyak 17.684 jiwa / km2. Wow...

Namun kali ini kita akan membahas negara - negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang rendah di dunia. Umumnya kepadatannya hanya 2 jiwa / km2. Yuk, kita lihat 5 wilayah yang jarang ditempati orang di dunia ini.

5. Mauritania
Kepadatan penduduk: 3 jiwa/km2.
5 Negara Dengan Penduduk Paling Jarang [ www.BlogApaAja.com ]

Republik Islam Mauritania adalah sebuah negara yang terletak di barat lautBenua Afrika. Negara iniberbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelahbarat, Senegal disebelah barat daya, danMali di sebelahtimurdan tenggara, Aljazair di timur laut, dan Marokodi barat laut. Dengan luas wilayahhampirmenyerupaiNegara Mesir atauOntario, Mauritania hanyaditempatioleh3 jutaorangsaja.

4.Islandia
Kepadatan penduduk: 3 jiwa/km2
5 Negara Dengan Penduduk Paling Jarang [ www.BlogApaAja.com ]

Negara RepublikIslandia adalahsebuah negaraberbentuk pulau yang terletakdi Eropa Utara. Pulau Islandiainimengapung diSamudra Atlantik danberada diapit olehdaratanEropa danGreenland. Luasnya hampirmirip dengannegarabagian Kentucky ataudaerahbekasJerman Timur. Pulau inihanyadihuni oleh300.000 penduduk. Di pulauiniterdapatbanyakgeyser.

3.Suriname
Kepadatan penduduk: 2,7 jiwa/km2
5 Negara Dengan Penduduk Paling Jarang [ www.BlogApaAja.com ]

Republik Surinameadalah sebuah negara yang terletak dibagian utaradarinegara Amerika Selatan. Suriname sendiriberbatasandenganGuyana disebelahbarat, Brazil di daerahselatan, Prancis di sebelahtimurnya danSamudra Atlantik disebelahutara. Luasnya hampirseukurandenganWisconsin Tunisia. Wilayah iniditempatioleh450.000 jiwadenganberagam bahasayang dimiliki.

2.Australia
Kepadatan penduduk: 2,6 jiwa/km2
5 Negara Dengan Penduduk Paling Jarang [ www.BlogApaAja.com ]

Australia adalahnegarapersemakmuran Inggris. Negara PersemakmuranAustralia inisebenarnya adalahsebuahpulaubenua. Pulau benuaAustralia inimengapungdiantaraSamudra Hindia danSamudra Pasifik. Benua Australia inimemilikiukuranyang hampirmendekati luasAmerika Serikat yang memiliki48 negarabagianyang berdekatan. Luasnya pun mencapai hampir2 kalidariluasUni Eropa. Namun, benuaAustralia sendirihanyadihunioleh21 jutaorang. Di daratanAustralia terdapatularyang paling berbisadidunia. Sekitar 2/3 penduduknya tinggaldi5 kotabesardariAustralia, dansemuanyaberadadipantai. Tentu sajatidakbanyakularyang dapat ditemui didaerahpantai.

1.Namibia
Kepadatan penduduk: 2,5 jiwa/km2
5 Negara Dengan Penduduk Paling Jarang [ www.BlogApaAja.com ]

RepublikNamibiaadalah sebuah negara yang terletak disebelah baratBenua Afrika. Namibia sendiriberbatasan denganSamudra Atlantik disebelahbaratnya, laludengan Afrika Selatan disebelahselatan, Botswana disebelahtimurnyadan Angola yang terletak di sebelah utara. Namibia memilikiluasseperti Ontario atauPakistan. Dan yang lebihmengkhawatirkanlagiadalahsebagian besardari2 jutapendudukyang menghuniNamibia mengidappenyakitHIV / AIDS.(top5s.net/rei)

Sumber / Source

Follow On Twitter
CLOSE | OPEN
 
Artikel Up2Det || Kerja Keras Ngeblog || Artikel CP || Nge-Update || Capek Blogging || Blogging OH Blogging || Situs OKE || Info Up2Det..