Beginilah Cara Umat Muslim Di Amerika Menjalankan Ibadah Puasa

Beginilah Cara Umat Muslim Di Amerika Menjalankan Ibadah Puasa [ www.BlogApaAja.com ]

Puasa tidak sekadar menahan lapar dan haus. Puasa adalah ajang berlatihmengontrol diri dari nafsu buruk, serta lebih dekat kepada Sang Pencipta. Bagikita yang berpuasa dan tinggal di Indonesia, menjalankan puasa relatif lebihmudah karena semua tempat makanan dan hiburan ikut menghormati orang yangberpuasa.

Bagaimana dengan mereka yang ada di negara dengan mayoritas non-muslim?Sejujurnya, tak semua orang yang berkewajiban berpuasa bisa menjalankannyadengan penuh. Namun, banyak juga yang memaknai puasa dengan setulusnya.

Dari hasil telusur suaramedia.com yang menulis tentangmahasiswa-mahasiswa muslim di Amerika Serikat, berikut dua komentar terbaikyang bisa menjadi inspirasi dan penguat bagi kita yang menjalankan ibadahpuasa.

Abdullah Shamari



Berusia 19 tahun dari Pomona California, Abdullah Shamari adalahmahasiswa tahun kedua di University of California. Ia menceritakan bagaimanaketika ia masih berusia 6 atau 7 tahun, sangat bersemangat untuk berpuasa.

"Saya berpuasa di sekolah dan kemudian buka puasa ketika saya pulang kerumah. Ada anak-anak yang masih berusia 6 atau 7 tahun melakukan puasa penuh.Orang tua disini tidak menyuruh anak-anak untuk berpuasa, namun anak-anaksendiri yang menginginkannya."

Ia mengakui bahwa dia sendiri berpuasa penuh mulai usia 11 tahun.

"Ketika Anda bertumbuh dewasa anda akan menyadari pentingnya puasa. Adayang lebih dari sekedar menahan lapar ataupun menghindari makanan. Namun lebihke puasa moral. Anda memperbaiki diri anda di segala aspek."

Ia mengatakan hari pertama adalah yang tersulit, "Di hari pertama danAnda tidak pernah berpuasa setahun sebelumnya, Anda akan merasa lapar. Andaakan mengalami sakit kepala. Tapi, selanjutnya, Anda tidak akan merasakanlapar."

Ia menggambarkan puasa seperti berjuang dalam balapan yang panjang danada titik-titik dimana ia ingin berhenti, namun setelah melewati titiktersebut, "Anda akan terus berlari" ujarnya.

"Anda lapar dan Anda tahu anda harus terus melanjutkannya. Pada akhirdari perjalanan, Anda akan merasa lega karena telah berhasil mencapai sesuatuyang telah memperbaiki diri Anda dengan cara tertentu, bahkan jika itu adalahmenghilangkan satu kebiasaan buruk kecil."

Beginilah Cara Umat Muslim Di Amerika Menjalankan Ibadah Puasa [ www.BlogApaAja.com ]

Ismahan Warfa



Mahasiswi tahun terakhir di University of California ini selalu ditanyaoleh orang-orang di sekitarnya, "Orang-orang bertanya kepada saya "Apakah andasedang diet?" dan saya menjawab "tidak". Banyak sekali orang yang salah mengirabahwa Ramadhan adalah saat dimana orang-orang Islam berlapar-lapar tanpaalasan. Orang-orang berdiet untuk menjadi kurus; tapi puasa, memiliki tujuanlain. Puasa mengajarkan Anda pengendalian diri."

Selama satu bulan "Anda harus mengontrol lidah Anda, yakinkanlah bahwaAnda bersikap baik pada orang-orang. Anda beramal dan bersedekah kepada merekayang kurang beruntung."

Ismahan berkata ia menggunakan bulan ini untuk merefleksikan karakternyadan melihat kekurangan-kekurangan tertentu yang ini dirubah sehingga dapatmenjadi orang yang lebih baik. "Saya telah menetapkan tujuan untuk diri sayasendiri untuk mengingat sebuah ayat dari Al-Quran dan mencoba menerapkannyapada diri saya.

"Karena kami adalah manusia, kami selalu menginginkan makan, sayamemiliki kelemahan pada coklat. Namunsaya merasa kecewa dengan diri saya jika membiarkan nafsu tersebut mengontrolsaya."

Ia mengakui bahwa ia merasa sedih ketika bulan Ramadhan berakhir. "Andamerasa berkah bulan Ramadhan. Pada saat yang sama saya merasa bahagia karenasaya telah menetapkan tujuan saya untuk sepanjang tahun. Saya sangat mencintaibulan itu."

Demikianlah perjuangan mahasiswa di California. Bagi kamu yangbersekolah di luar negeri punya cerita menarik juga? Silahkan berbagi denganteman-teman di sini, ya.



Sumber / Source

Follow On Twitter
CLOSE | OPEN
 
Artikel Up2Det || Kerja Keras Ngeblog || Artikel CP || Nge-Update || Capek Blogging || Blogging OH Blogging || Situs OKE || Info Up2Det..