5 Wanita Perancis Yang Dieksekusi Guillotine

Pada masa Revolusi Perancis, dibutuhkan sebuah alat yang mampu mengeksusi para terdakwa secara cepat. Pilihannya ketika itu, jatuh pada Guillotine. Guillotine dirancang untuk membuat sebuah eksekusi semanusiawi mungkin dengan menghalangi sakit sebanyak mungkin. Terdakwa disuruh tidur tengkurap dan leher ditaruh di antara dua balok kayu di mana di tengah ada lubang tempat jatuhnya pisau. Pada ketinggian 7meter, pisau dijatuhkan olehalgojodan kepala terdakwa jatuh di sebuah keranjang di depannya. Berikut 5 wanita Perancis yang harus meregang nyawa oleh alat ini:

1. Marie Antoinette

5 Wanita Perancis Yang Dieksekusi Guillotine [ www.BlogApaAja.com ]

Maria Antonia Josepha Johanna von Habsburg-Lothringen, lebih dikenal juga sebagaiMarie Antoinette adalah Ratu dariPerancisdan Putri Bangsawan dariAustria. Akibat posisinya sebagai istri dari Louis XVI dan ibu dariLouis XVIImaka dia menemui ajalnya di pisauguillotine pada masaRevolusi Perancisdi tahun1793dan dimakamkan bersama suaminya di makam kerajaan diSaint Denis Basilica,Paris.

2. MadameElisabeth

5 Wanita Perancis Yang Dieksekusi Guillotine [ www.BlogApaAja.com ]

MarieH=C3=A9l=C3=A8nedePerancis atau Elisabethdari Perancisyang juga dikenal sebagaiMadameElisabeth,adalah seorang putriPerancis danjuga merupakan adikbungsu dariRaja LouisXVI.Selama RevolusiPrancis bergulir,ia tetapsetia mendampingi raja dankeluarganya, hingga akhirnya turut dieksekusidi Placede laR=C3=A9volutiondi Paris.

3. Olympedegouges

5 Wanita Perancis Yang Dieksekusi Guillotine [ www.BlogApaAja.com ]

Olympedegougesatau terlahirsebagai MarieGouze,adalah seorangaktrisPerancis,yang juga aktivispolitik perempuan dan abolisionis, dengan tulisan-tulisannya yang terkenal. Diamemulai karirnya sebagaipenulis dramadiawal1780-an.Suhu politik yang terus meningkat jelang Revolusi Prancis,de gougesmenjadi semakin terlibatdalam dunia politik.Diamelantangkan pendapat-pendapat vokaldemi memperbaiki kondisipara budakdi koloni-koloniPerancis pada1788.Pada saat yang sama,ia mulaimenulispandangan-pandanganpolitik yang menuntut perempuanPerancisdiberihakyang sama dengan pria Perancis.DalamDeklarasiHakPerempuan danWarga NegaraPerempuan-nya(1791), diamenantangpraktek otoritas laki-lakidan konsepketidaksetaraanpria-wanita.Dia dieksekusidengan guillotineselamarevolusi berlangsung atas tuduhan menyerangrezim MaximilienRobespierre.

4. MadameRoland

5 Wanita Perancis Yang Dieksekusi Guillotine [ www.BlogApaAja.com ]

Marie-JeanneRoland,atau lebih dikenal sebagaiMadameRoland bersama dengan suaminya Jean-MarieRolandde laPlati=C3=A8re,adalah seorang pendukungRevolusiPerancis dan anggota berpengaruhdari faksiGirondist. Mungkin hari-hari yang paling menarik darikehidupanMadameRolandterjadi saat dia berada dipenjara karena aktifitas politiknya. MadameRolandmulaimenulis memoarnyaselama tinggal dipenjara mengenai pandangan-pandangannya terhadap perkembangan politik di Prancis. Setelah MadameRolandmembantu suaminyamelarikan diridari Paris, iamenerima nasibkematiannya. Pada tanggal 8 November1793,dia mati dipenggal oleh guillotine

5. Marie-LouiseGiraud

5 Wanita Perancis Yang Dieksekusi Guillotine [ www.BlogApaAja.com ]

Marie-LouiseGiraudadalah seorangibu rumah tanggayang menjadi, perempuan terakhir yang"merasakan" ketajaman pisau guillotinedi Perancis. Girauddihukum karena melakukan praktikaborsitahun 1940-anketika NazimendudukiPrancis.Dia dihukum mati padatanggal 30 Juli 1943 karena telahmelakukan27kali proses aborsidi daerahCherbourg.Kisahnyadiangkatdalam Film yang berisahtentang Perempuanpada 1988 oleh sutradara ClaudeChabrol.

Sumber / Source

Follow On Twitter
CLOSE | OPEN
 
Artikel Up2Det || Kerja Keras Ngeblog || Artikel CP || Nge-Update || Capek Blogging || Blogging OH Blogging || Situs OKE || Info Up2Det..