Identifikasi perkembangan strategi bisnis dapat diikuti melalui empat tahap berikut :
1. Perencanaan keuangan.
Perlunya pengendalian atas bisnis yang semakin meningkatdalam ukuran dan diversivikasi. Perencanaan Anggaran, digabungkan dengan penerapananalisis cash flow untuk proposal investasi, guna membuat kerangka kerja yang benar.
2. Perencanaan perusahaan.
Pada tingkat perusahaan, perencanaan terdorong olehramalan. Atas dasar ramalan permintaan jangka menengah, rencana perusahaan dirancang dengan sasaran strategi, proyeksi pen-jualan dan investasi, dan peluang-peluang yangdiidentifikasi untuk pengembangan pasar, produk dan perusahaan.
3. Analisis industri dan posisi persaingan.
Analisis penentu daya tarik industri yangberhubungan dengan strategi perusahaan dirancang untuk menempatkan kembaliportofolio bisnis perusahaan melalui diversifikasi, divestasi dan re-lokasi arus danperusahaan.
4. Mengeksploitasi keunggulan strategi khusus perusahaan.
Strategi yang didasarkanpada analisis industri dan posisi pasar mendorong perusahaan menerapkan posisi yangsama. Pada akhirnya mendorong perusahaan mencari bersaing yang unik yang didasarkanatas peman-faatan daya dan kemampuan khusus perusahaan.
Sumber / Source