Trik Jitu Mengubah Lawan Menjadi Kawan

Trik Jitu Mengubah Lawan Menjadi Kawan [ www.BlogApaAja.com ]

Seberapa pun baik dan menyenangkannya Anda dikantor, ada saja satu dua orang yang memusuhi Anda, baik tersamar maupunterang-terangan. Tidak perlu kesal. Selalu ada cara untuk mengubah lawanmenjadi kawan.

Berikut tips bagaimana cara licik mengubahlawan menjadi kawan:

1. Cooling Down.



Kalau sama-sama bersitegang, dia memusuhiAnda, kemudian dibalas dengan permusuhan, suhu kantor pasti panas dingin.Tegang. Apalagi jika Anda mengumpulkan seteru untuk memusuhi dia, uhm, diapasti makin sewot.

Situasi ini jelas tidak kondusif. Jadi,mengapa tidak coba mencairkan suasana dengan bersikap sebaliknya. Kalau adarekan yang mengompori, tidak perlu ditanggapi, katakan saja bahwa Anda tidakpernah memusuhi dia. Dan Anda tidak pernah punya persoalan dengan dia.

2. Berlagak Pilon



Anda tahu dia memusuhi Anda, tapi bersikaplahseolah-olah tidak tahu. Anggaplan tidak pernah ada persoalan antara Anda dengandia. Toh, yang menganggap Anda musuh adalah dia, bukan Anda. Jagalah sikapsenormal mungkin di depan dia. Kalau setiap tiba di kantor Anda menyapa dia,jangan hentikan kebiasan tersebut. Jika sapaan Anda ditanggapi dengan wajahcemberut, jangan ambil pusing. Toh, lama-lama dia mungkin akan menyadari usahadia memusuhi Anda sia-sia, karena Anda bersikap tidak peduli.

3. Jangan dibalas



Kejahatan tidak perlu dibalas dengan kejahatanjuga. Memang sulit mempraktekkannya tapi pasti bisa dilakukan. Satu contohgampang adalah dengan memberi perhatian-perhatian kecil. Misal, kalau Andapergi ke luar kota, jangan lupa membelikan sesuatu untuk dia. Kalau Andamemberikan sesuatu untuk teman-teman dekatnya, berikan juga pada dia. Kebesaranjiwa Anda lambat laun mungkin akan meluluhkan hatinya.

4. Bersikap Rendah Hati



Bersikaplah rendah hati. Kalau atasan memujiAnda di depan rekan-rekan lain, termasuk dia, jangan bersikap arogan. KatakanAnda masih punya banyak kekurangan, dan hasil yang Anda capai tidak lepas daribantuan rekan-rekan lain, tak terkecuali dia. Biasanya sikap rendah hati akanmembuatnya sadar bahwa Anda tidak layak dibenci. Sebaliknya sikap arogan akanmembuatnya makin panas dan bersemangat membenci Anda.

5. Bersikap Profesional



Seberapa tidak sukanya Anda pada dia,janganlah menghadapinya secara subyektif. Mungkin Anda tidak ingin bekerjasamadengannya, tapi pekerjaan mengharuskan Anda satu team dengannya. Mau tidak mau,Anda harus bekerjasama dengan dia. Singkirkan sejenak ketidaksukaan Anda,berikan sesuai porsi atau kapasitas Anda. Karena kalau tim itu gagal, Anda jugayang akan terkena dampaknya.

6. Ayo Fokus



Daripada menanggapi permusuhannya, lebih baikfocus pada pekerjaan. Abaikan saja perilakunya yang memancing emosi, missal iagemar mengait-ngaitkan pekerjaan dengan hal lain yang tidak relevan. Pokonyaapa pun yang dia lakukan, jangan gampang terpancing. Kalau perlu tanggapiperilakunya dengan bercanda sehingga dia akan merasa aksinya pada Anda tidakmempan.

7. Jangan Memancing



Sekesal apapun Anda pada dirinya janganterpancing godaan rekan-rekan lain untuk menjelek-jelekan namanya. Karena bisasaja di antara teman-teman Anda itu, ada juga yan sengaja memancing di airkeruh dan menambah suhu bertambah panas. Kalau perlu katakana pada mereka bahwadia tidak seburuk yang mereka duga. Dengan begitu, ia mungkin akan sadar bahwasikap permusuhannya hanya akan membakar dirinya sendiri.

8. Cry For Help



Anda bisa minta bantuan orang ketiga untukmencairkan komunikasi antara Anda dengan dia. Mintalah pada dia untuk membantumeluruskan permasalah. Mungkin sikap permusuhan dia dilandasi salah paham ataumisunderstanding. Biasanya masukan dari orang ketiga akan dia dengat ketimbangpenjelasan dari Anda.

9. Inisiatif Meminta Maaf



Hari Raya Besar seperti Lebaran,Natal, TahunBaru dan lain-lain merupakan momen yang tepat memperbaiki hubungan dengan dia.Kalau dia tidak menghampiri Anda, tidak perlu gengsi mendatangi mejanya danmengulurkan tangan meminta maaf lahir dan batik. Agar suasana mencair, bolehjuga membawa makanan dan ajak dia mencicipi bersama. Masak sih hatinya tidakjuga terbuka melihat ketulusan Anda? Bukankah sekeras-kerasnya hati orang,masih lebih keras batu kali?

"Tips ini tidak hanya bisa digunakan ditempat kerja kita saja tapi juga bisa di gunakan dikehidupan sehari-harikita".



Sumber / Source

Follow On Twitter
CLOSE | OPEN
 
Artikel Up2Det || Kerja Keras Ngeblog || Artikel CP || Nge-Update || Capek Blogging || Blogging OH Blogging || Situs OKE || Info Up2Det..