Facebook saat ini sudah bertransformasi jadi sebuah ajang interaksi yang sangat luas. Bukan hanya antar teman, pabrikan mobil pun memanfaatkan situs ini untuk mendorong tiap pecinta otomotif mendesain mobil idaman mereka.
Ya, Facebook saat ini telah menjadi sebuah media interaksi yang meluas antara produsen mobil dan warga dunia. Tidak jarang, produsen mobil meminta pendapat atau mengajak para Facebookers untuk mendesain mobil yang pada akhirnya akan diproduksi massal.
Dengan begitu, ritual mendesain mobil pun kini bukan lagi monopoli para insinyur lulusan universitas ternama dunia. Orang awam pun bisa melakukannya.
Selain mendesain, pemberian nama mobil pun terkadang ditanyakan ke para Facebookers.
Mau tahu apa saja mobil karya Facebookers? Berikut kami sajikan seperti dilansir carbuzz:
1. Ford Mustang
Ketika ingin mengeluarkan Mustang V6 Performance Package, Ford mencoba cara unik dengan cara bertanya di Facebook mereka apa sebenarnya nama yang cocok untuk mobil edisi ini.
1,4 juta Facebookers pun berbondong-bondong menyarankan nama-nama yang bagus menurut mereka yang kemudian divoting.
Akhirnya, Jeremy Marler dari North Carolina memenangkan voting tersebut untuk menjadikan Mustang edisi performa itu memiliki nama "Mayhem Mustang". Sebagai imbalan, Marler pun dipinjami mobil ini selama 3 tahun. Enak ya?
2. Aston Martin
Aston Martin memutuskan untuk membiarkan fans mereka membangun model kustom setelah merek ini berhasil mencapai 1 juta "like" di Facebook.
Tidak tanggung-tanggung, Aston Martin membiarkan para fans membangun keseluruhan mobil, dan membiarkan mereka memilih model, interior dan eksterior dan pilihan nama.
Hasilnya, Aston Martin DB9 1M pun lahir ke dunia.
3. Nissan 370Z
Tidak hanya pabrikan Amerika dan Eropa saja yang memanfaatkan Facebook untuk berinteraksi dengan penggemarnya dan membebaskan mereka mendesain mobil. Pabrikan Jepang macam Nissan pun melakukannya.
Nissan juga memutuskan untuk berinteraksi dengan penggemar Facebook dengan membiarkan mereka merancang versi balap dari 370Z.
Hasilnya, Nissan 370Z yang dilengkapi dengan twin-turbocharged dari GReddy pun terwujud.
4. Ford Fiesta RS WRC
Desain sebuah mobil reli kebanyakan tergolong "meriah" dengan warna-warna mencolok. Banyak yang suka, banyak pula yang tidak sreg dengan pemilihan warnanya.
Untuk itu, tim Ford Rally pun mengajak fans mereka yang ada di Facebook untuk memilih livery untuk atap mobil reli mereka yang menggunakan Fiesta RS WRC.
Fans disediakan beberapa desain yang bisa dipilih dengan mengklik "like" pada desain dan desain yang menang kemudian digunakan di mobil balap yang berlaga di Finlandia Rally 2011.
5. Citroen C1 Connexion
Tidak mau kalah dengan merek-merek lain, Citroen pun mengajak para penggemar mereka di Facebook yang berasal dari Inggris untuk ikut serta mendesain edisi khusus C1 Connexion.
24.000 Facebookers pun berbondong-bondong untuk ikut serta mendesain mobil hatchback 3 pintu tersebut yang kemudian menghasilkan Citroen C1 Connexion edisi khusus yang dilabur eksterior Caldera black dengan interior Scarlett red.
Selain mengajak untuk memilih warna eksterior dan interior, Citroen pun mengajak para Facebookers untuk mendesain emblem special edition model ini.
Sumber / Source
Ya, Facebook saat ini telah menjadi sebuah media interaksi yang meluas antara produsen mobil dan warga dunia. Tidak jarang, produsen mobil meminta pendapat atau mengajak para Facebookers untuk mendesain mobil yang pada akhirnya akan diproduksi massal.
Dengan begitu, ritual mendesain mobil pun kini bukan lagi monopoli para insinyur lulusan universitas ternama dunia. Orang awam pun bisa melakukannya.
Selain mendesain, pemberian nama mobil pun terkadang ditanyakan ke para Facebookers.
Mau tahu apa saja mobil karya Facebookers? Berikut kami sajikan seperti dilansir carbuzz:
1. Ford Mustang
Ketika ingin mengeluarkan Mustang V6 Performance Package, Ford mencoba cara unik dengan cara bertanya di Facebook mereka apa sebenarnya nama yang cocok untuk mobil edisi ini.
1,4 juta Facebookers pun berbondong-bondong menyarankan nama-nama yang bagus menurut mereka yang kemudian divoting.
Akhirnya, Jeremy Marler dari North Carolina memenangkan voting tersebut untuk menjadikan Mustang edisi performa itu memiliki nama "Mayhem Mustang". Sebagai imbalan, Marler pun dipinjami mobil ini selama 3 tahun. Enak ya?
2. Aston Martin
Aston Martin memutuskan untuk membiarkan fans mereka membangun model kustom setelah merek ini berhasil mencapai 1 juta "like" di Facebook.
Tidak tanggung-tanggung, Aston Martin membiarkan para fans membangun keseluruhan mobil, dan membiarkan mereka memilih model, interior dan eksterior dan pilihan nama.
Hasilnya, Aston Martin DB9 1M pun lahir ke dunia.
3. Nissan 370Z
Tidak hanya pabrikan Amerika dan Eropa saja yang memanfaatkan Facebook untuk berinteraksi dengan penggemarnya dan membebaskan mereka mendesain mobil. Pabrikan Jepang macam Nissan pun melakukannya.
Nissan juga memutuskan untuk berinteraksi dengan penggemar Facebook dengan membiarkan mereka merancang versi balap dari 370Z.
Hasilnya, Nissan 370Z yang dilengkapi dengan twin-turbocharged dari GReddy pun terwujud.
4. Ford Fiesta RS WRC
Desain sebuah mobil reli kebanyakan tergolong "meriah" dengan warna-warna mencolok. Banyak yang suka, banyak pula yang tidak sreg dengan pemilihan warnanya.
Untuk itu, tim Ford Rally pun mengajak fans mereka yang ada di Facebook untuk memilih livery untuk atap mobil reli mereka yang menggunakan Fiesta RS WRC.
Fans disediakan beberapa desain yang bisa dipilih dengan mengklik "like" pada desain dan desain yang menang kemudian digunakan di mobil balap yang berlaga di Finlandia Rally 2011.
5. Citroen C1 Connexion
Tidak mau kalah dengan merek-merek lain, Citroen pun mengajak para penggemar mereka di Facebook yang berasal dari Inggris untuk ikut serta mendesain edisi khusus C1 Connexion.
24.000 Facebookers pun berbondong-bondong untuk ikut serta mendesain mobil hatchback 3 pintu tersebut yang kemudian menghasilkan Citroen C1 Connexion edisi khusus yang dilabur eksterior Caldera black dengan interior Scarlett red.
Selain mengajak untuk memilih warna eksterior dan interior, Citroen pun mengajak para Facebookers untuk mendesain emblem special edition model ini.
Sumber / Source