Misteri Tokoh Dibalik Penemuan Sandal Jepit

Jika Alexander Graham Bell ngaku - ngaku menemukan telepon padahaldia cuman mematenkan penemuan orang, Jika Thomas Alfa Edisonngaku -ngaku yang pertama kali menemukan bola lampu, padahal dia hanya peniru(plagiat), jika ada pengumuman segempok uang ditemukan di pasar makaakan ada lebih dari 10 orang yang ngaku - ngaku (padahal itu cumancandaan). Maka nasib yang sama dengan hal di atas tidak dialami oleh

SANDAL JEPIT,

karena mulai dari jaman Fir"aun masih ingusan sampai zaman Bill Gatemantu, tidak ada seorangpun yang mengklaim bahwa dialah Penemu TheSandal Jepit !

Misteri Tokoh Dibalik Penemuan Sandal Jepit [ www.BlogApaAja.com ]
Sandal Pembawa Petaka

Di buka, didorong dikit-dikit, dimasukin, digoyang lalu dijepit, waw...nyaman dan enak sekali rasanya......

Itulah kalau kita pakai sandal jepit.

Sandal jepit

memangalas kaki yang sangat murah dan tidak banyak dikomplain oleh konsumen,sampai sekarang lembaga konsumen Indonesia tidak pernah menerima keluhantentang sandal jepit yang putus atau pun lepek, maupun hilang.

Dalam perkembangan sejarah umat manusia, sandal berbarengan dengan jamanlogam. Terutama setelah diciptakannya paku, karena saat itu seringterjadi kecelakaan

kacugak (kaki tertusuk paku)

. Sehingga diciptakan lah sandal, sebagai pelindung kaki. Namun perkembangan sandal jepit ternyata mempunyai cerita tersendiri.

Pertama-tama sandal jepit ini di temukan di daerah Cina Utara yang padasaat itu di pimpin oleh Kaisar Cing Cang Ke Ling. Penemuan sandal jepittidak disengaja. Di mana pada saat itu, kaisar sedang berburu harimaudengan busur panahnya melihat si kaki seribu melintas di ibu jarikakinya, karena merasa jijik, si kaisar latah, sambil berkata " ehsial..gua jepit lo".

Misteri Tokoh Dibalik Penemuan Sandal Jepit [ www.BlogApaAja.com ]

Dari sana tersebar gosip dari mulut ke mulut, bahwa kaisar itu latah.Ini akibat ulah comel dari pengawal kaisar yang melihat kelatahan kaisardan memberikan kabar ini pada media Cek Li Cek, media cetak gosipmingguan di Cina Utara. Untuk menjaga kewibawaahn kaisar, maka

para penasehat kaisar bersidang.Dari sidang muncul keputusan, bahwa harus ada alas kaki, buat kakikaisar agar terhindar dari serangga menjijikan, maka di buatlah alaskaki dari kayu, dengan memberikan tiang pendek pas dekat ibu jari. Halitu sekaligus sebagai peringatan bagi para gosiper, kalau masihmenggosip kaisar latah akan diinjak dan dijepit lho. Itu kisah sandaljepit dari Cina walau pun ini masih perlu dibuktikan kebenarannya.

Misteri Tokoh Dibalik Penemuan Sandal Jepit [ www.BlogApaAja.com ]

Kalau menilik dari masa keemasan Eropa, sandal jepit ini muncul saatrevolusi industri di Inggris. Sandal jepit muncul, di mana para petanimeninggalkan ladangnya dan bekerja menjadi buruh di pabrik-pabrik. Padasaat itu kaum buruh tidak memakai alas kaki ke pabrik, mereka persisseperti kebiasaan petani ladang yang cekeran. Karena mereka seringcekeran tentu saja pabrik menjadi kotor. Clening service yang bertugasmembersihkan sering mengeluh karena banyak pasir yang terbawa keruangan. Mereka sering ngomel-ngomel : " Sand All...sand...All...stupid ".Karena pabrik sangat bising, maka terdengarnya menjadi

"Sandal jepit"

. Maka para buruh memakai sandal jepit untuk menghindari omelannya. Sejarah ini pun ini juga masih diragukan faktanya.

Kalau perkembangan di Indonesia, Sandal jepit ini sebenarnya sudah mulaiada dari Jaman Tarumanagara di Bogor, sekitar abad ke 7 . Hal tersebutdibuktikan dengan penemuan batu tulis yang didalamnya adatulisan/prasasti dan telapak kaki Raja. Telapak kaki tersebut sebenarnyaadalah cetakan,untuk membuat sandal raja. Sayang sekali tidak adaketerangan sandal apa yang dibuat. Tetapi yang jelas dari cetakantelapak kaki raja tidak ada tanda kaki raja pecah-pecah (rorombehen),berarti kaki raja sehat dan saya yakin raja sudah pakai sandal.

Tak seorang pun yang mengklaim sebagai penemu sandal jepit. Ini sangatmengherankan, walaupun tidak sebergensi seperti penemuan listrik olehThomas Alva Edison, sandal jepit merupakan kebutuhan sehari-hari sepertilistrik. Bahkan antara sandal jepit dengan listrik ada hubungan. Kalauanda sedang memperbaiki arus listrik (kabel), harus memakai sandaljepit, kalau tidak memakai anda bisa kesetrum.

Tetapi anda tidak usah heran, soal klaim sandal jepit yang tidak adayang memgaku sebagai penemunya, karena justru yang lebih mengherankanadalah banyak yang mengaku kehilangan sandal jepit di mesjid. Ini cukupaneh, padahal kalau anda mengaku sebagai penemu sandal jepit, anda akanmendapat rohayati... ehhh...Semoga menambah wawasan kita semua


Follow On Twitter
CLOSE | OPEN
 
Artikel Up2Det || Kerja Keras Ngeblog || Artikel CP || Nge-Update || Capek Blogging || Blogging OH Blogging || Situs OKE || Info Up2Det..